oleh

Tips Sehat Berpuasa

-Tips-29 views

Enjoylampung.tv- Bulan ramadhan, seluruh umat muslim di dunia menjalankan ibadah puasa. Selain meningkatkan keimanan, menahan lapar dan haus selama kurang lebih 12 jam ketika berpuasa ini juga memberikan manfaat untuk kesehatan lho gess. Namun ada caranya agar puasa kalian tetap sehat.

Porsi makan tetap normal

Menjaga porsi makan /net

Biasanya setelah berpuasa seharian, kita berbuka dengan banyak makanan dirumah, baik itu makanan ringan ataupun makanan berat. padahal makan yang berlebihan dapat membuat perut terasa penuh bahkan malah bikin sakit. ini dikarenakan perut kita dipaksa langsung bekerja keras setelah beristirahat seharian.

jadi supaya gak sakit perut, disarankan untuk berbuka dengan makanan yang ringan terlebih dahulu dan air putih. lalu dilanjutkan dengan makan sesuai dengan porsi seperti biasa kita makan malam. Oh iya, selama menjalankan ibadah puasa, sebaiknya menghindari makanan pedas dan asam yah saat berbuka.

Membatasi makanan manis

Batasi makanan manis / net

Suka makanan yang manis-manis ? Sebaiknya saat puasa begini disarankan untuk membatasi konsumsi makan manis. Hal ini dikarenakan ketika berpuasa, gak jarang gula darah kita naik menjadi lebih tinggi dari biasanya. dan ketika kita makan makanan manis terlalu banyak, dapat menyebabkan gula darah kita naik juga telalu tinggi lhooo dan berdampak buruk bagi kesehatan kita,

selain itu juga, terlalu banyak mengkonsumsi makanan manis juga bisa membuat tubuh kita lemas di siang hari. ini dikarenakan gula hanya memberi kita energi yang banyak dalam waktu sebentar saja dan setelah itu, kita akan merasa lemas, pusing, ngantuk, bahkan dapat mempengaruhi mood sehingga cepat marah.

Perbanyak minum air putih

Banyak minum air putih / overtbuzz.com

Ketika puasa dengan cuaca panas, ini tantangan banget bagi kita untuk menahan rasa haus. Jika kita menahan haus dengan cara yang salah, tubuh kita bisa mengalami dehidrasi, kulit menjadi kering bahkan bisa juga terjadi gangguan ginjal. Nah, supaya puasa kita lancar dan terhindar dari dehidrasi, da rumusnya yang harus kiata gunakan untuk mengatur frekuensi dan jumlah air yang kita minum supaya tetap sehat.

Disaat puasa, kita bisa menggunakan aturan 2-2-4 untuk minum, yaitu 2 gelas air putih saat sahur, 2 gelas air putih saat berbuka dan 4 gelas air putih di malam hari. Selama puasa juga diusahakan untuk menghindari minuman manis ataupun minuman yang mengandung kafein terutama saat sahur. Karena minuman yang mengandung kafein, terutama jika diminum saat sahur justru malah membuat tubuh kita merasa haus seharian lhoo…

Perbanyak makan buah dan sayur

Buah-buahan baik untuk kesehatan /net

Saat sahur dan berbuka, daripada makan gorengan ataupun junkfood, lebih baik makan buah dan sayuran yang banyak. Karena buah dan sayur pada umumnya mengandung serat yang tinggi dan dapat membuat kita merasa kenyang dengan kalori yang lebih sedikit. Selain itu juga, buah dan sayuran mengandung vitamin dan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh kita untuk menjaga daya tahan tubuh dan mencegah penyakit sehingga membuat kita lebih sehat selama bulan puasa.

Agar gak sakit perut karena sistem pencernaan kita kaget dengan buah dan sayur, ada beberapa tips dalam memilih buah dan sayur untuk dikonsumsi saat puasa. Buah yang bersifat citrus seperti jaruk, lemon ataupun jeruk limau sebaiknya dihindari selama bulan puasa karena membuat perut kita kaget dengan tingkat keasamannya. Sebaiknya pilih buah yang mengandung banyak air seperti Semangka, Apel, Pir dan Anggur. Sedangkan untuk sayuranya, sebaiknya mengkonsumsi sayuran organik untuk berbuka yang bisa diolah menjadi jus ataupun salad supaya nutrisinya tidak hilang.

Melakukan olah raga ringan

Olah raga ringan /Net

Puasa jangan dijadikan alasan untuk nggak olahraga ya gaes, karena ada beberapa jenis olahraga ringan yang bisa bikin badan kita tetap sehat tanpa menghabiskan tenaga terlalu banyak dan bikin kita lapar. Olahraga saat puasa bahkan bisa memberikan macam-macam manfaat untuk kita seperti menjaga kekuatan dan kebugaran tubuh sehingga kita tetap semangat beraktivitas.

Supaya olahraga saat puasa nggak bikin kita kelaparan atau lemas, sebaiknya pilih waktu olahraga yang tepat ya, yakni sekitar 30-90 menit sebelum berbuka puasa sehingga setelah berolahraga kita bisa langsung mengisi perut dengan makanan dan minuman. Selain itu, jenis olahraga juga perlu kita perhatikan ya. Pastikan kita memilih olahraga yang intensitasnya ringan atau sedang aja seperti yoga, pilates, barre, renang, atau sepeda.

Tidur yang cukup

Tidur yang cukup / teenlife.se

Untuk kita yang berpuasa, tidur penting banget untuk kelancaran ibadah kita lho. Tidur yang cukup bisa meningkatkan daya tahan tubuh kita sehingga bikin kita nggak gampang sakit saat puasa, mengurangi stres, memperbaiki mood, dan membuat kita lebih mampu berkonsentrasi serta berpikir kreatif saat puasa seharian. Tidur yang cukup juga bisa menjadi sumber tenaga kita ketika waktunya berpuasa seharian lho.

Tidur malam yang cukup adalah sekitar 6-8 jam setiap malam. Nah, supaya kita bisa mendapat tidur yang cukup di tengah kesibukan kita, ada beberapa tips yang bisa kita coba seperti mengurangi penggunaan alat elektronik sebelum tidur, menyiapkan sahur segera setelah selesai berbuka untuk dipanaskan, atau menggunakan aromatherapy.

Cukup dulu ya gaes, mudah-mudahan tulisan diatas itu bermanfaat dan semoga ibadah puasa kita lancar dan tetap sehat.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga