oleh

Jangan Hanya Menunggu, Tapi Harus Siap

-Artikel, Tips-49 views

Enjoylampung-tv Waktu itu terus berjalan cuy, menit ke menit tanpa bisa seorangpun yang menghentikannya. Siapapun itu tak akan pernah bisa menghentikan waktu walau sedetik pun. Bulan ramandhan akan tiba, dan kita umat manusia yang akan menjalankannya jangan hanya menunggu. Tetapi kita juga harus punya persiapan sebagai dasar pengetahuan agar tidak mendapatkan kendala saat tiba ramadhan.

Seperti apa keadaan kita, bulan ramadhan pastilah datang, dan kita harus siap untuk menjalankannya. Dan betapa beruntungnya jika kita telah mempersiapkan diri untuk menyambut bulan ramadhan tahun ini. Ada beberapa hal yang harus dipersiapkan.

Persiapan Iman

Pengendalian diri dari sekarang untuk tidak bermaksiat, contohnya jaga pandangan dan lain-lain. Dengan kebiasaan untuk menahan diri mudah-mudahan ibadah puasa kita jadi sempurna.

Persiapan Jasmani

Nah, hal ini harus kita jaga dengan rutin berolahraga. Supaya fisik kita tetap sehat dan kuat, apalagi ditengah pendemi covid-19 begini gaes. Dan belajar untuk melakukan puasa sunah ya.

Banyak Menabung

Menabung disini bukan untuk lebaran ya gaes, bukan untuk beli baju baru, sendal baru ataupun sepatu baru. Tetapi menabung disini guna persiapan untuk bersedekah. Memang sih, bersedekah tidak hanya dibulan ramadhan, sedekah bisa kapan aja selagi ada yang untuk disedekahkan, Namun sedekah di bulan ramadhan lebih besar pahalanya.

Persiapkan Diri

Bukan hanya fisik dan mental saja yang harus dipersipkan gaes, kita juga harus pesiapkan yang lainnya juga, agar kita tidak kaget dengan ritme aktivitas dibulan ramadhan tahun ini yang mungkin berbeda dari tahun sebelumnya. Seperti tidur jangan larut malam, dan bangun maksimal satu jam sebelum Subuh sehingga saat puasa tiba, Kita sudah terbiasa bangun untuk makan sahur. Biasakan sholat berjamaah dimasjid, cuma lagi pandemi covid begini yaaah biasakan sholat jamaahnya dirumah aja gaes bersama keluarga. Diusahakan puasa senin kamis, agar terbiasa ketika ramadhan nanti puasa bisa full dengan segala aktivitas. Kemudian Biasakan untuk membaca al-Qur’an di waktu senggang, terutama setelah shalat Subuh dan Maghrib. Kebiasaan seperti ini akan terbawa hingga bulan Ramadhan nanti. Dan biasakan untuk mendengarkan tilawah atau musik-musik rohani dan yang terakhir Biasakan untuk selalu bershalawat dan beristighfar.

Persiapan Rumah

Rumahku adalah istanaku, jika sempat untuk menata ulang ruangan agar mempunyai suasana baru dan jaga kebersihan rumah agar puasa kita lebih tenang dan nyaman dirumah dengan nuansa baru.

Perbanyak Menu Makanan

Sepertinya ini yang menjadi hal utama, menu sahur dan berbuka puasa agar kita tidak bosan. Tapi yang harus diingat gaes, ramahdhan tahun ini lagi pandemi covid-19, diusahakan makanannya buat sendiri ya. yaaa jikalau diharuskan membeli makanan cepat saji atau makanan diluar tetap jaga kesehatan ya.

Semoga covid-19 ini cepat berlalu dan Semoga ibadah Ramadhan tahun ini lebih baik dengan persiapan yang lebih matang. Amiin

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1 komentar

Baca Juga