7 September 2020

Enjoy Lampung TV

Travel Pintar Travel Asik

Jam Tangan Kayu Yolby

Kriya Limbah Kayu Menjadi Bernilai

EnjoyLampung.Tv – Jam tangan berfungsi bukan hanya sebagai penunjuk waktu. Saat ini jam tangan menjelma gaya berpenampilan atau fashion. Tak heran jika sejumlah orang rela menghabiskan uang ratusan juta hanya untuk membeli jam tangan merek ternama agar terlihat lebih modis.

Siswanto, Hadi dan Dony sedang berada di workshop jam tangan kayu.

Siswanto yang beralamatkan di Jalan Garuda, Pinang jaya kecamatan Kemiling Bandar Lampung, Ia telah menyulap limbah kayu menjadi barang mewah. Meski terbuat dari kayu bekas, jam tangan kayu yang ia buat memiliki kualitas maupun tampilan yang tidak kalah elegan dari jam tangan pada umumnya.

Jika dilihat dari dekat, jam tangan kayu itu tampak berkilau layaknya jam tangan yang terbuat dari logam. “Ide awal saya lihat-lihat youtube. Terus saya mencoba membuat kerajinan dari kayu ini. Saya pilih limbah kayu karena limbah kayu biasanya dibuang begitu saja atau hanya dibuat kayu bakar. Dari pada dibuang percuma saya buat kerajinan jam tangan. Ternyata memiliki nilai jual yang lumayan.

Tam Tangan Kayu Yolby

Untuk dapat membuat kerangka jam tangan, dibutuhkan ketelitian tinggi. Memperhatikan detil menjadi sangat penting, agar produk yang dihasilkan bisa sempurna.

Jam Tangan Kayu Yolby dan Box

Untuk menghasilkan kualitas yang bagus, tak sembarang limbah kayu digunakan. Hanya limbah kayu Sonokeling saja yang digunakan sebagai bahan baku jam tangan kayu.

Langkah awal yang dilakukan yakni mengebor kayu sebagai tempat mesin penunjuk waktunya. Setelah proses pengeboran dan pemotongan, kemudian jam tangan setengah jadi masuk ke proses penghalusan dengan amplas. Selanjutnya potongan-potongan kayu yang sudah terbentuk masuk ke proses pewarnaan. (Abel/Eltv)